Rabu, 18 Januari 2012

KEMNAS II (Kemah Ukhuwah Nasional)


Jakarta (ANTARA News) - Hampir 4.000 pramuka Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia akan menggelar Perkemahan Nasional II di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, pada 11-14 Januari ini. Selain menjadi puncak kegiatan kepramukaan, ajang itu juga untuk mendekatkan Pramuka dengan sains dan teknologi.
"Kami dorong mereka dekat dengan sains dan teknologi, terkhusus teknologi kedirgantaraan dan teknologi pertahanan. Para peserta kami ajak ke Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma dan Mako Brimob, Kelapa Dua," kata Ketua Dewan Pembina Pramuka JSIT, Dr Sukro Muhab, di Jakarta, Selasa.

Pengenalan secara dini akan persoalan sains dan teknologi kepada siswa-siswi sekolah Islam terpadu, katanya, akan mendorong mereka untuk lebih bersemangat dalam mewujudkan cita-cita kemandirian teknologi bangsa. Dengan demikian, kecintaan akan hasil karya anak bangsa pun semakin besar.

"Semua ini akan kita buktikan lewat ajang demonstrasi saat pembukaan. Ada demonstrasi robot, demikian juga ada demonstrasi roket air sehingga pramuka SIT dari seluruh Indonesia tak asing dengan sains dan teknologi masa depan," katanya.

Lebih lanjut dia menyebut Kemah Nasional Pramuka Ke-II JSIT wujud komitmen JSIT membentuk karakter anak didiknya. Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter generasi muda memiliki cara dan ciri khas tersendiri dalam kegiatannya. Salah satunya adalah dengan kegiatan perkemahan.
Selain sebagai pembinaan diri, perkemahan dapat menumbuhkan sikap kemandirian pada peserta didik, menjalin persahabatan, empati, persaudaraan, menambah wawasan dan uji keterampilan.

"Inilah sebabnya, sejak Kemah Nasional I pada 2008, kami berkomitmen melaksanakan perkemahan secara reguler sebagai upaya pembinaan karakter. Tema Kemnas II kali ini pun adalah Bersama Pramuka SIT Bangun Karakter Bangsa," katanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar