Selasa, 18 Januari 2011

PROFIL AL FITYAH PEKANBARU


SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) Al Fityah PEKANBARU


VISI

“Menjadi Model Bagi Lembaga Pendidikan Dasar Islam di Riau Tahun 2016”




MISI
1.      Menghasilkan generasi yang berakhlaq islami dan berprestasi tinggi serta dekat dengan Al Qur`an.
2.      Membangun kemampuan diri dalam mengenal dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
3.      Mempersiapkan diri siswa agar mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, serta membekalinya dengan penguasaan ilmu pengetahuan serta implementasinya secara optimal.
4.      Menghasilkan generasi yang mam pu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris dengan baik dan benar.
5.      Menyempurnakan sistem manajemen sekolah sesuai standar nasional dan internasional
6.      Melaksanakan pembelajaran aktif dan bimbingan secara efektif
7.      Menumbuhkan semangat keunggulan dari semua pihak
8.      Mendorong siswa untuk mengenali potensi dirinya
9.      Menumbuhkan penghayatan terhadap agama Islam
Preoses Pembelajaran dan Pendidikan

Proses pembelajaran dan pendidikan formal beralngsung secara lima hari (senin -  jum’at), dan pada hari jum’at sore digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka memberikan  ruang eksplorasi dan ekspresi siswa menurut kecendrungan dan bakat yang dimilikinya.

Prinsip dan pendekatan Pembelajaran yang diterapkan
  1. Kullu maulud yulad ‘alal fitrah (setiap anak yang dilahirkan itu fitrah, cerdas, potensial, dan Unik)
  2. Memasuki dunia mereka dan bahwa mereka kedunia kita (Prinsip Quantum teching) guru dan siswa adalah sahabat yang membimbing bukan raja yang melarang dan memerintah.
  3. Lisan al hal afshah min lisan al maqol ( nasehat dengan perbuatan jauh lebih efektif daripada perkataan)
  4. Learning how to lern and how to be alearned, melibatkan secara optimal dan professional 3 wilayah pengaruh yaitu : Keluarga, Masyarakat dan Sekolah
  5. Active learning, melibatkan siswa secara optimal pada setiap proses pembelajaran dan pendidikan.


KURIKULUM

Kurikulum merupakan inti dari sebuah lembaga pendidikan, pengelola sekolah ini sangat concern terhadap perkembangan terkini dari sebuah kurikulum, ada tiga kurikulum pokok yang digunakan:

1.  Kurikulum Kemendiknas
Kurikulum ini dimodifikasi sedemikian rupa dan diperkaya dengan nilai-nilai keislaman dan kemelayuan sehingga dapat memenuhi target-target out put siswa yaitu melahirkan siswa yang berprestasi, berakhlaq islami, dekat dengan al Qur' an serta mampu mengenal dan berinteraksi dengan Iingkungannya

2.  Kurikulum Matrikulasi
Kurikulum ini diadakan dalam rangka menunjang kelancaran dan efektifitas segala kegiatan secara integral, materi yang diberikan antara lain :
a.Budaya dan Motto SDIT AI Fityah
b.Adab-adab sehari-hari
c.10 Karakter siswa SDIT AI Fityah

Matrikulasi ini diberikan pada awal tahun pelajaran untuk seluruh siswa baik yang baru maupun yang lama, lama program lebih kurang 1 bulan

3.Kurikulum Khas SDIT AI Fityah Kurikulum khas ini mencakup :
a. Tahsin dan Tahfiz
b. Bahasa Arab
c. Pramuka SIT
d. Pembinaan ke Islaman (Mentoring Islam)

Keempat bentuk kurikulum diatas diterapkan secara terpadu untuk mencapai out put siswa yang berakidah bersih, ibadah shahih, pola pikir beradab, akhlak kuat, fisik sehat, pribadi militan,didiplin,, efisien, bermanfaat dan mandiri


Program

Program pembelajaran dan pendidikan di SDIT AI Fityah secara garis besar meliputi :

A. Matrikuiasi
Program ini dilaksanakan pada awal tahun pelajaran berlangsung selama 1 bulan, gunanya untuk mengantarkan siswa pada Terbentuknya budaya sekolah yang bernuansa islamiSiswa mempunyai kemandirian belajarSiswa memiliki ketrampilan learn how to learn

B. Kurikuler
Program ini diimplementasikan melalui pen­dekatan mastery learning, fieldtrip, assembly, eksplorasi


C. Ekstra Kurikuler
Program ini diadakan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, mencakup :

1. Ekstra kurikuler wajib
a. Kepanduan
b. Renang
c. Pembinaan keislaman (mentoring Islam)

2. Ekstrakurikuler Pilihan :
a.Ta hfizh al Qur' an
b.Tahsin al Qur'an
c.Taekwondo
d,Teater
e.Nasyid
f.Sepakbola/Futsal
g.Dokter Kecil
h.Bulutangkis
i.Olympiade Sains
j.Olympiade Matematika
k.Kaligrafi dan Karikatur
l.Dai Cilik
m.Jurnalistik

Fasilitas Pembelajaran dan Pendidikan

Sarana untuk memfasilitasi proses pembelajaran dan pendidikan di SDIT AI Fityah agar dapat berlangsung secara optimal adalah:
1. Tiap  ruang   kelas   memiliki  satu  unit  komputer  untuk     membantu   pembelajaran  lewat  audio visual  dengan  menggunakan   teknologi  Jaringan Komputer
2. Ruang Penanganan Program  Individual  (PPI)  sebagai    sarana program matrikulasi bagi siswa yang berkebutuhan Khusus/special Need
3. Perpustakaan yang memiliki koleksi lebih kurang 2500 judul
4. Labor Komputer dan jaringan Internet
5. Lapangan Futsal, bekerja       sama dengan masyarakat sekitar           .
6. Kolam renang,  bekerja  sama  dengan  masyarakat sekitar
7. LCD  Proyektor  untuk  mendukung  pembelajaran dengan     Multimedia
8. Petalatan elektronik yang bersifat Hi tech juga dimiliki sekolah agar dapat memudahkan, proses pembelajaran dan pendidikan
QUALITY ASSURANCE :
Jaminan mutu lulusan SDIT Al fityah adalah sebagai berikut :
1. Al Qur’an : Bisa membaca dan hafal 2 juz (Juz 30 dan 29)
2. Hadits : Hafal 36 hadits pilihan
3. Do’a : hafal 60 do’a harian dan 36 do’a ba’da sholat
4. Terbiasa membaca dzikir al ma’tsurat setiap hari
5. Berakidah bersih
6. Beribadah shahih
7. Pola piker beradab
8. Akhlak kuat
9. Fisik kuat
10. Pribadi militant
11. Disiplin
12. Efisien
13. Bermanfaat
14. Mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar