SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) Al Fityah PEKANBARU
VISI
“Menjadi Model Bagi Lembaga Pendidikan Dasar Islam di Riau Tahun 2016”
MISI
1. Menghasilkan
generasi yang berakhlaq islami dan berprestasi tinggi serta dekat dengan Al
Qur`an.
2. Membangun
kemampuan diri dalam mengenal dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
3. Mempersiapkan
diri siswa agar mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, serta membekalinya
dengan penguasaan ilmu pengetahuan serta implementasinya secara optimal.
4. Menghasilkan
generasi yang mam pu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris dengan baik
dan benar.
5. Menyempurnakan
sistem manajemen sekolah sesuai standar nasional dan internasional
6. Melaksanakan
pembelajaran aktif dan bimbingan secara efektif
7. Menumbuhkan
semangat keunggulan dari semua pihak
8. Mendorong
siswa untuk mengenali potensi dirinya
9. Menumbuhkan
penghayatan terhadap agama Islam
Preoses Pembelajaran dan Pendidikan
Proses pembelajaran dan pendidikan formal beralngsung secara
lima hari (senin - jum’at), dan pada
hari jum’at sore digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka
memberikan ruang eksplorasi dan ekspresi
siswa menurut kecendrungan dan bakat yang dimilikinya.
Prinsip dan pendekatan Pembelajaran yang diterapkan
- Kullu
maulud yulad ‘alal fitrah (setiap anak yang dilahirkan itu fitrah, cerdas,
potensial, dan Unik)
- Memasuki
dunia mereka dan bahwa mereka kedunia kita (Prinsip Quantum teching) guru
dan siswa adalah sahabat yang membimbing bukan raja yang melarang dan
memerintah.
- Lisan al
hal afshah min lisan al maqol ( nasehat dengan perbuatan jauh lebih
efektif daripada perkataan)
- Learning
how to lern and how to be alearned, melibatkan secara optimal dan
professional 3 wilayah pengaruh yaitu : Keluarga, Masyarakat dan Sekolah
- Active
learning, melibatkan siswa secara optimal pada setiap proses pembelajaran
dan pendidikan.
KURIKULUM
Kurikulum merupakan inti dari sebuah lembaga pendidikan, pengelola sekolah
ini sangat concern terhadap perkembangan terkini dari sebuah kurikulum, ada
tiga kurikulum pokok yang digunakan:
1.
Kurikulum Kemendiknas
Kurikulum ini dimodifikasi sedemikian rupa dan diperkaya dengan nilai-nilai
keislaman dan kemelayuan sehingga dapat memenuhi target-target out put siswa
yaitu melahirkan siswa yang berprestasi, berakhlaq islami, dekat dengan al Qur'
an serta mampu mengenal dan berinteraksi dengan Iingkungannya
2.
Kurikulum Matrikulasi
Kurikulum ini diadakan dalam rangka menunjang kelancaran dan efektifitas
segala kegiatan secara integral, materi yang diberikan antara lain :
a.Budaya dan Motto SDIT AI Fityah
b.Adab-adab sehari-hari
c.10 Karakter siswa SDIT AI Fityah
Matrikulasi ini diberikan pada awal tahun pelajaran untuk
seluruh siswa baik yang baru maupun yang lama, lama program lebih kurang 1
bulan
3.Kurikulum Khas SDIT AI Fityah Kurikulum khas ini mencakup :
a. Tahsin dan Tahfiz
b. Bahasa Arab
c. Pramuka SIT
d. Pembinaan ke Islaman (Mentoring
Islam)
Keempat bentuk kurikulum diatas diterapkan secara terpadu
untuk mencapai out put siswa yang berakidah bersih, ibadah shahih, pola pikir
beradab, akhlak kuat, fisik sehat, pribadi militan,didiplin,, efisien,
bermanfaat dan mandiri
Program
Program pembelajaran dan pendidikan di
SDIT AI Fityah secara garis besar meliputi :
A. Matrikuiasi
Program ini
dilaksanakan pada awal tahun pelajaran berlangsung selama 1 bulan, gunanya
untuk mengantarkan siswa pada Terbentuknya budaya sekolah yang bernuansa
islamiSiswa mempunyai kemandirian belajarSiswa memiliki ketrampilan learn how
to learn
B. Kurikuler
Program ini
diimplementasikan melalui pendekatan mastery learning, fieldtrip, assembly,
eksplorasi
C. Ekstra Kurikuler
Program ini
diadakan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, mencakup :
1. Ekstra
kurikuler wajib
a. Kepanduan
b. Renang
c. Pembinaan
keislaman (mentoring Islam)
2.
Ekstrakurikuler Pilihan :
a.Ta hfizh al Qur'
an
b.Tahsin al Qur'an
c.Taekwondo
d,Teater
e.Nasyid
f.Sepakbola/Futsal
g.Dokter Kecil
h.Bulutangkis
i.Olympiade Sains
j.Olympiade
Matematika
k.Kaligrafi dan
Karikatur
l.Dai Cilik
m.Jurnalistik
Fasilitas Pembelajaran dan Pendidikan
Sarana untuk memfasilitasi proses pembelajaran dan
pendidikan di SDIT AI Fityah agar dapat berlangsung secara optimal adalah:
1. Tiap
ruang kelas memiliki
satu unit komputer
untuk membantu pembelajaran
lewat audio visual dengan menggunakan
teknologi Jaringan Komputer
2. Ruang Penanganan Program Individual
(PPI) sebagai sarana program matrikulasi bagi siswa yang
berkebutuhan Khusus/special Need
3. Perpustakaan yang memiliki koleksi lebih kurang
2500 judul
4. Labor Komputer dan jaringan Internet
5. Lapangan Futsal, bekerja sama dengan masyarakat sekitar .
6. Kolam renang,
bekerja sama dengan
masyarakat sekitar
7. LCD
Proyektor untuk mendukung
pembelajaran dengan Multimedia
8. Petalatan elektronik yang bersifat Hi tech juga
dimiliki sekolah agar dapat memudahkan, proses pembelajaran dan pendidikan
QUALITY ASSURANCE :
1. Al Qur’an : Bisa membaca dan
hafal 2 juz (Juz 30 dan 29)
2. Hadits : Hafal 36 hadits pilihan
3. Do’a : hafal 60 do’a harian dan
36 do’a ba’da sholat
4. Terbiasa membaca dzikir al
ma’tsurat setiap hari
5. Berakidah bersih
6. Beribadah shahih
7. Pola piker beradab
8. Akhlak kuat
9. Fisik kuat
10. Pribadi militant
11. Disiplin
12. Efisien
13. Bermanfaat
14. Mandiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar